Gallery Foto Kera Penakluk Luar Angkasa

Gallery Foto Monyet Penakluk Luar Angkasa ini mengingatkan kita Kalau dahulu ada Sekumpulan Hewan primata Yang bisa menaklukan kejamnya dunia luar angkasa mereka ialah sekumpulan Monyet Yang berhasil Terbang Tinggi Keluar Angkasa.

Pada tanggal 12 April 1961, Uni Soviet memulai menabuh genderang kompetisi teknologi antariksa dengan mengirimkan Yuri Gagarin sebagai menusia pertama yang pergi ke luar angksa dengan roket Vostok 1. Tak mau dikatakan tertinggal oleh rivalnya Uni Soviet, Amerika serikat juga telah mempersiapkan proyek luar angkasanya yang tak kalah hebatnya yaitu mendaratkan insan di Bulan. Inilah proyek ambisius Amerika Serikat pada masa pemerintahan Presiden J.F Kennedy.

Kini penerbangan insan ke luar angkasa bukanlah menjadi sesuatu hal yang spektakuler lagi. Baru-baru ini kita sanggup melihat NASA mengirimkan astronot-astronotnya keluar angkasa dalam misi perbaikan teleskop Hubble.

Sejarah panjang penerbangan luar angkasa bila kita telusuri mempunyai banyak hal yang menarik. Salah satunya ialah dikirimnya hewan-hewan keluar angksa dalam banyak sekali eksperimen jauh sebelum pengiriman insan itu sendiri. Monyet terbukti menjadi binatang favorit oleh para ilmuwan sebagai kelinci percobaan. Berikut ini merupakan sekelumit foto-foto dokumentasi mengenai para kera “penakluk” luar angkasa.


Monyet mungil dalam gambar diatas berjulukan Baker. Foto yang diambil di tahun 1959 ini memperlihatkan Baker sedang berada didalam biokapsul NASA dengan tatapan mata yang saya sangat yakin mengisyaratkan ketidak nyamanan serta rasa takut. Gambar ini diambil sesaat sebelum Baker akan melaksanakan misi keluar angkasanya. Baker berserta seekor kera yang lainnya berjulukan Able diterbangkan memakai roket Jupiter AM-18 pada 28 Mei 1959.


Ia kembali ke bumi dalam keadaaan hidup sesudah terbang selama 15 menit. Hal ini menjadikannya sebagai perimata pertama yang sanggup bertahan hidup selama misi-misi percobaaan semacam ini. Namun sebenarnya, sepuluh tahun sebelum penerbangan Baker, seekor kera berjulukan Albert II menjadi kera yang bisa bertahan hidup selama misi di luar angkasa. Namun sayang kehidupannya berakhir sesudah roket yang ditumpanginya hancur menabrak bumi alasannya tidak sanggup mendarat dengan sempurna.


Sam, kera pemberani ( pemberani atau terpaksa ya?) pada gambar diatas dikirim memakai roket Mercury pada bulan Desember 1959. Ia mengikuti jejak pendahulunya Baker dan Able dalam misi luar angkasa di tahun 1959. Sam ditugaskan dalam misi percobaan sistem kemanan dan keselamatan pesawat. Roket Mercury melepaskan biokapsul – dimana Sam berada didalamnya – beberapa menit sesudah penerbangan. Kapsul yang ditumpangi Sam berhasil mendarat di Samudera Atlantik sesudah pada ketinggian 82 km ia dijatuhkan lalu melayang-layang di udara. Sam berhasil selamat dalam misi ini dan ia hidup sampai tahun 1982.

Tiga simpanse berjulukan Duane, Jim , dan Chu pada foto diatas sedang dibaringkan didalam kapsul dikala berada di pangkalan udara Holloman, New Mexico, pada Januari 1961. Mereka dikirim untuk penelitian mengenai tingkat kelelahan saraf serta tekanan psikologis selama di luar angkasa.


Pada 31 Januari 1961, seekor Simpanse berjulukan Ham diterbangkan pada ketinggian 185 kilometer ke angkasa dengan kecepatan 7080 km/jam. Ham manaiki roket Mercury-Redstone. Ia juga berhasil selamat sesudah mendarat di Samudera Atlantik sesudah misi selama 16,5 menit. Delapan bulan lalu sesudah penerbangan Ham, simpanse lainnya berjulukan Enos berhasil menjadi simpanse pertama yang terbang sampai ke Orbit Bumi.

Tidak hanya Amerika serikat dan Uni Soviet saja yang melibatkan binatang sebagai percobaan-percobaan penerbangan keluar angkasa, kegiatan luar angkasa Prancis juga melakukannya. Mereka memakai jasa ketiga kera pada gambar di atas. Penerbangan ini dilakukan pada tahun 1967. 

Dan Inilah Gallery Foto Monyet Penakluk Luar Angkasa Untuk Sobat semua


Nah Siapa Yang ingin Pergi Keluar Angkasa ? Bareng Monyet Aja :)

Komentar

Postingan Populer